Clodi Penyebab Kena ISK (Infeksi Saluran Kencing)?

Sejak umur 2 bulan, Hanna udah full clodi. Pagi, siang, dan tidur malem selalu saya pakein clodi. Hanya bepergian aja Hanna pake dispo. Itupun karena saya merasa malas membayangkan bila Hanna pup di luar rumah kemudian harus ada acara bawa-bawa clodi yang penuh pup kemana-mana. Rasanya agak jijik bayangin ada kantong isi pup yang nyampur dengan baju bersih, makanan, tas, dompet, dll.

Cuma sayangnya sejak positif kena Infeksi Saluran Kemih (ISK), dsa-nya dr Yovita Ananta, nyaranin untuk menyimpan clodinya jauh-jauh dalem lemari. Belum masuk larangan keras sih. Masih dibolehin pake clodi meski cuma malem doang. Itupun harus ganti setiap 2 jam sekali. Ampyuuunn…siapa yang kuat bangun malem tiap 2 jam buat ganti popok? Yasud, akhirnya kalo malem saya pakein dispo supaya tetep kering.

Kata dr Yovita bisa jadi sumber ISK berasal dari clodinya Hanna. Karena clodi kan selalu lembab, berulang kali menampung bekas pee n poo, sehingga memungkinkan tumbuhnya jamur dan bakteri disana. Jadi clodi itu kurang higienis. Apalagi bila cara pencuciannya nggak bener. Wah, bakal beranak-pinak kuman-kuman jahat disana. Mendengar penjelasan dokter yovita bikin saya jadi deg-degan. Apa iya segitu berbahayanya si clodi ini bagi kesehatan daerah bawahnya Hanna.

Bukan dokter Yovita aja yang menuduh si clodi. Ternyata suami, mama, sampe miss diana di daycare-nya Hanna berkeyakinan memposisikan si clodi jadi biang kerok penyebab ISK selama ini. Eyangnya Hanna bilang gini, “An, kalo clodi itu kan basah melulu, jadi kumannya tumbuh disana.” Saya diem aja gak mau nimpalin tuduhannya mama. Terus pas ngobrol dengan miss diana, dia juga bilang bahwa sebersih-bersihnya kita nyuci clodi tetep aja gak bisa sebersih dispo. Karena waktu dijemur kan kena debu, terus masuk kuman. Jadi gak higienis kayak dispo. Wahh…

Saya pribadi sebenernya kurang setuju dengan kesimpulan ini. Ada fakta yang belum diketahui orang. Hanna kena ISK umur 5 bulan, padahal udah berclodi sejak 2 bulan. Kan selama 3 bulan pake clodi gapapa tuh. Coba deh pikirin, apa semua bayi penderita ISK itu pengguna clodi? Nggak kan..kalo iya, pasti clodi udah ditarik dari pasaran.

Tapi biar enak ini saya kutipin hasil penelitiannya ilmuwan Jepang tahun 2009 tentang hubungan antara frekuensi penggantian diaper dengan ISK pada bayi. Biarpun yang diteliti tentang dispo saya pikir amat sangat berhubungan dengan clodi. Kira-kira begini hasilnya:

“Penelitian ini melibatkan 128 anak berusia antara 2 bulan sampai 2,5 tahun dengan dan tanpa infeksi saluran kemih (ISK). Para ilmuwan mengambil sampel urin dan dicatat seberapa sering orang tua mengganti popok sekali pakai. Temuan menunjukkan bahwa bayi tanpa ISK mengalami penggantian popok sekali pakai mereka 7,5 kali rata-rata pada hari, sementara mereka dengan infeksi saluran kemih hanya ganti popok sekitar 4,7 kali sehari. Ini menyiratkan bahwa risiko ISK meningkat, jika popok lebih jarang diganti. Namun, para ilmuwan mengatakan itu mungkinmemang ada masalah pada kandung kemih yang benar-benar menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK), dan bukan pada frekuensi mengganti popok sekali pakai.”   (health.infoniac.com/can_diapers_lead_urinary_tract_infection_children.html)

Tuuh kan..ternyata pake dispo yang mahal dan langsung buang aja musti diganti minimal 8 kali sehari. Padahal dispo kan bersih banget, selalu tetep kering, dan ga bau pesing. Ternyata itu aja harus sering diganti supaya terhindar dari ISK. Apalagi makein clodi ke anak kita. Wuihh, musti lebih sering ngegantinya daripada dispo. Ganti clodi minimal 10 kali sehari kali yaa. Gapapa kann?? Clodi kan bisa dicuci lagi, ga harus dibuang. Hehe..hehe.. 

Jadi gimana dong kalo ada moms udah terlanjur beli clodi puluhan biji yang lucu-lucu? Disimpen ajakah? ato tetep pake clodi sambil deg-degan baby beresiko kena Isk? Saran saya sih gini:

1. Teteup boleh pake clodi

2. Cuci bersih clodi

3. Ganti clodi setiap 2 jam utk siang.

4. Untuk malem bisa diganti tiap 4 jam.

5. Jangan lupa stripping setiap 3 bulan.

6. Ganti clodi segera begitu bayi selesai pup.

7. Semoga berhasil.

Salam clodi!

5 pemikiran pada “Clodi Penyebab Kena ISK (Infeksi Saluran Kencing)?

  1. Mom, mungkin iritasi terssebut karena pakai clodi yang waterproof dan tidal stay dry,
    Disarankan utk pemakaian daily, gunakan clodi yg breathable dgn insert yg stay dry.
    So far tidak ada lagi iritasi ataupun ruam pada kulit bayi saya, sedikitpun tidak🙂

    1. Terima kasih mom atas masukannya.
      Setuju dengan mom Ajeng, clodi yang breathable cocok untuk daily use dan ga akan mengiritasi kulit bayi. 🙂

  2. Ping balik: Pospak? Kirain Clodi aja? | Letters From Mother of Earth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s