Horeee Hanna Bisa Jalan

Yeay..akhirnya Hanna bisa jalan di usia 12,5 bulan. Alhamdulillah. Sebelumnya saya sempet deg-degan ketika pas umur 12 bulan Hanna baru bisa berjalan 3-4 langkah. Saya sempat menyangka bayi perlu waktu 2-3 bulan untuk melatih caranya berjalan hingga lancar. Ternyata proses latihan jalannya ga selama yang saya bayangkan.

Sebenarnya cukup cepat juga proses belajar jalan sendiri dari  cuma 1-2 langkah hingga lancar berjalan sendiri tanpa bantuan. Lamanya kurang lebih tiga mingguan. Latihan pertama dimulai waktu usia Hanna 11,5 bulan. Dalam posisi berdiri tanpa pegangan, saya letakkan Hanna berdiri dengan jarak kurang lebih 30 cm (saya duduk di lantai). Kemudian saya ajak dia supaya melangkah ke arah saya. Awalnya sih memang Hanna agak kaget. Dia langsung buru-buru mendorong badannya dan agak menjatuhkan diri kepada saya. Beberapa kali begitu. Ga lama kemudian Hanna sudah cukup PD untuk jalan sendiri selama satu-dua langkah. Seminggu itu  Hanna belajar jalan hanya satu-dua langkah. Sejauh-jauhnya cuma berani tiga-empat langkah dari saya.

Masuk minggu kedua, Hanna makin berani belajar jalan sendiri. Dia udah ga ketakutan lagi kalau saya berdirikan di tempat terbuka tanpa ada bahan pegangan. Langkahnya udah makin banyak. Udah berani melangkah sendiri sejauh dua meter. Yang tadinya baru mau melangkah kalau disuruh belajar jalan, sekarang Hanna udah mulai PD berjalan sendiri dari satu tempat ke tempat lain meskipun jaraknya cuma dua-tiga langkah. Tapi teteup, dia masih lebih suka merangkak daripada berjalan. Oiya, di daycare-nya Hanna juga dilatih belajar jalan intensif oleh Miss Diana dan Nanny-nya.

Nah, masuk minggu ke-tiga jalannya makin jauh. Hanna bisa jalan sendiri sejauh 5 meter. Miss Diana (Manager Daycare) bilang, “Bu, Hanna udah bisa jalan. Dia udah bisa eksplor seluruh ruangan dengan berjalan.”Wooow. Karena di rumah Hanna masih senang merangkak dan minta digendong terus, saya kurang yakin bahwa Hanna udah lancar jalan beneran. Ternyata benar euy..ternyata si boncel emang udah bisa jalan. Kalo moodnya lagi enak, udah deh, dia terus-terusan jalan dengan gaya seperti orang lagi ditodong. Gaya dua tangan diangkat tinggi ke atas.😀

Total kurang lebih tiga mingguan Hanna belajar jalan sampai lancar. Alhamdulillah tergolong cepet juga. Kuncinya latihan, latihan, latihan. Distimulus dengan mainan supaya dia mau jalan. Terus kalo dia jatuh, kitanya ga boleh panik. Jadi anak ga trauma belajar melangkah. Gitu deh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s