Tips Memilih Daycare Yang Baik

Untuk mamas dan papas yang sudah menitipkan anak di daycare, tetap selalu berhati-hati yah. Walaupun kita sudah percaya dengan pengelola daycare dan si kecil terlihat menyukai daycare-nya, sebaiknya tetap bersikap waspada dengan daycare itu karena kita hanya tahu sebatas laporan saja. Kita tidak bisa tahu apa yang terjadi dengan anak kita setelah kita tinggalkan di daycare.

Berikut tips yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah daycare yang kita pilih sudah cukup baik atau tidak:

1. Periksa kemajuan perkembangan anak.
Periksalah, apakah kemajuan anak kita sudah sesuai dengan mile-stone perkembangan umurnya. Misalnya, apakah pertambahan berat badannya sesuai umurnya, apakah anak sudah bisa jalan sesuai umurnya, atau apakah anak sudah bisa berbicara sesuai umurnya. Perkembangan anak yang lebih lambat dibandingkan tahap mile-stone nya menunjukkan tanda-tanda masalah pada daycare yang dipilih, karena daycare tersebut kurang memberikan stimulus yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

2. Periksa Berat Badan Anak
Salah satu layanan daycare yang menjadi nilai tambah bagi orangtua yang sibuk adalah menyediakan makanan yang sehat dan dimasak sendiri. Namun akibatnya daycare kemudian mengenakan tarif yang tinggi atas layanan ini. Bila anak Anda mendapatkan fasilitas makanan di daycare periksa menunya, apakah sesuai yang mereka janjikan atau tidak. Saya mengetahui ada daycare yang menjanjikan makanan bergizi untuk anak yang dititipkan, namun ternyata mereka hanya memberikan sayuran dan telur saja setiap harinya.😦. Cek kecukupan gizi anak dari pertambahan berat badannya.

3. Jam Tidur Anak
Periksalah, apakah anak Anda setelah pulang dari daycare justru sangat aktif dan ingin main sampai tengah malam, sehingga Anda merasa sangat lelah. Ini berarti anak Anda terus-menerus ditidurkan selama di daycare dan jarang bermain. Daycare yang baik hanya menidurkan anak pada saat waktu tidurnya saja dan aktif memberikan stimulasi bagi anak.

4. Laporan Harian
Daycare yang baik memberikan laporan aktivitas anak Anda setiap harinya mulai dari apa menu makannya, kegiatannya, mood anak, perilakunya, jam tidur, perkembangannya, bahkan pup dan pipisnya. Jika daycare anda tidak memberikan laporan harian mintalah mereka melakukannya agar Anda dapat mengontrol hal-hal yang ingin Anda lakukan.

5. Keterbukaan
Daycare yang baik bersikap terbuka terhadap pola asuh yang Anda inginkan. Pastikan pola pengasuhan yang Anda inginkan juga diterapkan oleh pengasuh di daycare terhadap anak anda.

6. Sidak!
Ya, mengapa tidak? Sekali-kali datanglah secara mendadak ke daycare dan lihat apakah anak Anda diperlakukan dan mendapatkan fasilitas seperti yang dijanjikan? Apakah anak Anda tidur di tempat yang baik? Apakah anak Anda mendapatkan makanan yang bergizi? Apakah dia sedang bertengkar dengan temannya? Daycare yang baik akan menjaga anak Anda sesuai dengan janji yang mereka katakan.

7. Sikap Anak Ketika Anda Tinggalkan
Bila anak Anda selalu menangis saat anda tinggalkan di daycare anda harus curiga bahwa dia tidak menyukai daycare itu. Percayalah, walaupun dia belum bisa berbicara mungkin dia mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan selama anda tinggalkan. Kalau anak anda selalu menagis sampai berhari-hari walaupun dia sudah familiar dengan daycare itu, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk memindahkan anak dari daycare.

2 pemikiran pada “Tips Memilih Daycare Yang Baik

  1. terimakasih sangat bermanfaat bagi saya
    saya baru membuka Daycare

    Kalo mau nitipin anak

    DAYCARE ( TEMPAT PENITIPAN ANAK)

    Yayasan HIDAYATULLOH
    CITRA RAYA
    Alamat : Paud/Tk Al Hidayah
    Green Sevilla V16/16
    Rt.004/RW .008
    Citra Raya
    Tanbgerang

    Buka dari jam 6.00 s,d 19.00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s