Belajar Jadi Investor

Sejak bulan Mei 2013 ini ada kegiatan baru yang selalu saya lakukan selama hampir kurang lebih 3 bulan belakangan ini…yaitu melototin pergerakan harga saham..Iya..saya sekarang belajar jadi investor pasar modal di BEI.

Kegiatan yang awalnya cuma iseng-iseng aja akhirnya jadi keterusan..jadi mau serius belajar lebih banyak tentang jurus-jurus cuan di pasar modal. Hehehe.. Siapa sih yang nggak tergiur dengan potensi menghasilkan keuntungan yang begitu tinggi di pasar saham? Bisa lebih dari 100% per tahun loh…Biarpun pasar modal ini telah mengambil banyak korban mulai dari rugi ratusan juta rupiah hingga mengganggu keharmonisan rumah tangga, tetep aja peminatnya yang ingin mendapatkan limpahan rejeki dari pasar modal masih bejibun.

Nah, ceritanya saya juga menjadi salah satu orang dari peminat yang bejibun itu :d. Mudah-mudahan sih jangan jadi korban pasar modal:d.. Sebagai langkah awal untuk mendapatkan modal, saya mencairkan seluruh simpanan reksadana saham yang saya miliki dan tabungan LM di rumah. Hasilnya lumayan lah terkumpul  sejumlah uang untuk membeli beberapa lot saham.

Tapi, ternyata untuk menghasilkan cuan di pasar saham yang penting bukan  modal. Itu nomor dua. Yang lebih penting lagi ternyata  ilmu tentang saham, yaitu memilih saham yang tepat, menentukan support dan resisten, membaca batas atas dan batas bawah pergerakan saham, dan nentuin kapan kita mau keluar-masuk dari sebuah posisi di saham. Buat temen-temen yang juga baru belajar jadi investor seperti saya, ini ada sejumlah situs yang saya nilai bagus buat dikunjungi:

  1. Rencanatrading.wordpress.com . Blog ini dikelola oleh Satrio Utomo, Kepala Riset Analisis Universal Broker Indonesia. Tulisannya lugas, jujur, apa adanya dan di-update secara teratur hampir tiap hari oleh pengelolanya. Bisa dijadikan panduan untuk memahami pasar modal bagi pemula. Dilengkapi dengan tips dan trik untuk cuan di pasar modal. Karena Pak Tommy ini adalah seorang analis teknikal maka blog ini sangat berguna bagi yang berminat untuk trading di pasar modal. Buat investor kawakan, disini juga dijelasin tentang bagaimana membedakan saham gorengan. Oya Pak Tommy jarang memberikan rekomendasi stock pick tapi selalu memberikan arah dan panduan tentang pergerakan IHSG dan kapan saat yang tepat membeli atau menjual saham. 
  2. Ellen-May.com. Bu Ellen ini merupakan motivator pasar modal dengan ribuan follower. Terkenal dengan bukunya Smart Traders Not Gamblers, blog ini cukup enak dibaca. Sayangnya nampaknya blog ini tidak diupdate secara teratur oleh pengelolanya. Bagi temen-temen yang berminat mendapatkan ilmunya, bisa ikuti twitternya saja karena nampaknya Bu Ellen lebih aktif meng-update infonya via Twitter daripada di web. Oya, situs ini layak diikuti oleh Anda yang berminat pada trading.
  3. Teguhhidayat.com. Pengelola blog ini, Teguh Hidayat, memposisikan dirinya sebagai analisis saham independen yang memberikan analisa tentang saham-saham yang menarik diamati. Kalau dua blog di atas lebih banyak menjelaskan tentang sisi trading, blog ini justru lebih cocok untuk tipe investor, meskipun para trader juga banyak yang nongkrong disini. Blog ini memberikan ulasan dan analisa tentang fundamental saham yang menarik minat pengelola, mulai dari saham-saham blue chip, hingga saham gorengan.

Okey deh, sementara tiga blog itu dulu aja yang saya pikir wajib dibaca buat temen-temen yang berminat investasi di pasar modal. Happy investing ya…:)

3 pemikiran pada “Belajar Jadi Investor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s